Thursday, 22 October 2020

Aneka Ragam Makanan Khas Palembang Yang Terkenal Banget!

aneka-ragam-makanan-khas-palembang

BudayaKita.net - Jika membahas soal kuliner tentunya semua daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Hal itu karena Indonesia memang salah satu negara yang memiliki berbagai macam rempah-rempah. Indonesia juga disebut sebagai negara dengan seribu kebudayaan oleh negara lain.

Salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan tempat wisata dan kelezatan kulinernya adalah Kota Palembang. Salah satu kuliner yang sangat terkenal yaitu empek-empek, namun tahukah kamu kuliner khas Palembang bukan hanya empek-empek saja lho yang nikmat! Masih ada banyak sekali pilihan masakan lainnya yang dijamin bikin kamu ketagihan ketika mencobanya.

Mau tau apa saja makanan khas Palembang lainnya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Tekwan

Tekwan pada dasarnya adalah bakso, namun masyarakat asli Palembang memang menyebutnya dengan nama tekwan. Namun sedikit berbeda dengan bakso, daging ikan yang dibentuk tidak berbentuk bulat dan memiliki warna putih. Campuran yang terdapat di semangkok tekwan terdiri dari bakso ikan, kuah, mie putih dan taburan sayuran yang dipotong-potong. Tekwan memiliki rasa yang sangat enak terlebih jika ditambah dengan sambal dan dan kecap.

2. Laksan

Nama makanan ini mungkin sangat jarang terdengar dan terasa asing namun ketika kamu mendengar nama pempek lenjer pastinya kamu sudah mengetahuinya bukan. Laksan adalah nama lain dari pempek lenjer memiliki rasa kuah yang sangat berbeda dengan empek-empek. Jika empek-empek disajikan bersama cuko maka pempek lenjer memiliki kuah santan yang sangat khas. Penyajian pempek lenjer memang sedikit mirip dengan lontong sayur dan makanan ini memang sangat cocok untuk disajikan pada saat pagi hari saat udara masih dingin wah pasti sangat enaknya.

3. Celimpungan

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah celimpungan yang sangat digemari oleh pecinta kuliner di seluruh Indonesia. Celimpungan memang masih menggunakan bahan utama ikan seperti makanan khas Palembang pada umumnya. Sama dengan laksan celimpungan juga disajikan bersama kuah santan yang sangat enak namun bentuk dan tekstur celimpungan memiliki bentuk yang bulat dan tekstur yang lembut. Jika kamu mengira kuah santan celimpungan memiliki rasa yang sama dengan rasa kuah santan laksan pastinya tidak. Celimpungan memiliki rasa yang khas begitu pula dengan laksan.

4. Burgo

Burgo adalah makanan khas Palembang selanjutnya yang memiliki rasa yang enak dan bahan makanan pilihan. Makanan khas Palembang yang satu ini jauh berbeda pada makanam khas Palembang seperti yang sudah kita bahas di atas. Perbedaan dapat terlihat mulai dari bahan dan rasa untuk bahan burgo sendiri yaitu tepung beras, sagu, kunyit, lengkuas dan kemiri. Kuah santan yang di sajikan bersama burgo memiliki warna yang putih dengan tambahan suwiran daging ikan yang menambah variasi rasa yang nikmat.

5. Lakso

Tunggu dulu makanan khas Palembang bukan hanya sampai disitu saja ada pula yang akan kita bahas yaitu Lakso. Lakso hampir mirip dengan burgo yang membedakan adalah kuah dan bentuknya yang seperti mie. Lakso sendiri memiliki rasa yang berbeda dengan burgo apa lagi Lakso memiliki kuah santan kental yang berwarna kuning yang akan menggugah selera setiap orang yang melihatnya. Lakso sendiri banyak diburu oleh pecinta kuliner dari luar daerah dan termasuk menjadi salah satu kuliner favorit khas Palembang. Hal itu karena lakso memiliki rasa yang nikmat serta harganya yang sangat terjangkau.

Nah itulah berbagai macam makanan khas Palembang yang sangat enak. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

No comments:

Post a comment