Wednesday, 7 April 2021

4 Kue Khas Sulawesi Selatan Yang Unik Dan Cocok Untuk Oleh-Oleh


4 Kue Khas Sulawesi Selatan yang Unik dan Cocok untuk Oleh-Oleh


Budayakita.net -Kuliner khas dari Sulawesi Selatan ini pastinya akan membuat Anda semakin mencintai daerah ini. Makanan tradisional yang memiliki cita rasa yang khas dan juga selalu menarik hati bagi para pelancong. Yuk intip kue-kue khas di Sulsel yang harus Anda coba!

  1. Kue Bassang

Makanan khas ini seperti bubur yang terbuat dari jagung pulut atau bisa juga disebut dengan jagung ketan. Perpaduan bahan lainnya berupa tepung beras, gula, garam, yang rasanya begitu menggoda. Kue ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan taburan gula pasir atau bisa dengan toping keju, coklat, dan lainnya. Lebih nikmat lagi jika Anda menikmati saat masih hangat.

  1. Kue Uhu-Uhu

Salah satu daerah di Sulawesi Selatan, yaitu Kabupaten Bulukumba menjadi asal dari kue yang satu ini. Kue ini juga banyak yang menyebutnya sebagai kue benang, karena memang bentuknya yang seperti benar. Namun secara harfiah, uhu berarti adalah rambut, jadi kue ini juga punya nama lainnya, yaitu kue rambut, karena bentuknya yang seperti rambut.

Cara pembuatannya cukup mudah dan sederhana. Bahan yang digunakan berupa gula merah dan tepung beras. Dua bahan tersebut dijadikan adonan dan kemudian dimasukkan kedalam tempurung kelapa berlubang. Adonan dari bahan berupa gula dan tepung tersebut akan jatuh melalui lubang dan membentuk seperti benang atau rambut.

Di bawah tempurung tersebut berupa penggorengan yang sudah dipersiapkan untuk menggoreng kue ini. Hasilnya berupa kue yang berbentuk rambut, dengan tekstur yang renyah, dan warnanya kuning kecoklatan.

Baca Juga : Aneka Resep Ayam Kecap yang Lezat dan Simpel

  1. Kue Jalangkote

Kue khas dari Sulsel selanjutnya ini berasal dari Makassar dengan bentuknya yang menyerupai kue pastel. Cara penyajiannya sangat unik, yaitu dengan mencampurkan kue dengan cairan lombok, cuka, atau cape, sehingga memiliki rasa yang unik.

Sedangkan kue ini terbuat dari bagian kulit dan isi. Kulit dari kue jalangkote ini terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, santan, dan juga garam. Sedangkan untuk bagian isinya terbuat dari beberapa varian, seperti wortel, kentang, tauge, laksa, dan beberapa bahan lainnya yang kemudian ditumis menggunakan berbagai macam bumbu dapur.

Sekarang ini, isi dari kue ini sangat bervariasi. Sudah banyak para pembuat kue jalangkote yang berinovasi dengan memberikan sentuhan yang lebih modern.

Jalangkote sendiri merupakan nama asli dari Makassar yang berarti jajanan yang dijual dengan berkeliling. Karena konon katanya, kebiasaan orang Makassar menjajakan kue ini dengan berkeliling ke berbagai kampung.

  1. Roti Maros

Makanan khas ini berasal dari Bugis-Makassar dan diambil dari nama daerah yang pertama kali dibuatnya. Roti ini bentuknya seperti bakpao putih yang terbuat dari tepung, telur, gula, dan lain sebagainya. Kemudian adonan roti dibuat dan dipanggang di dalam tungku sederhana.

Dulunya roti ini menjadi hidangan yang sangat populer di kalangan masyarakat kampung Kabupaten Maros. Saking banyaknya para masyarakat membuatnya, akhirnya berkembang dengan pesat dan menjadi ikon di Kabupaten Maros.

Bahkan sekarang ini telah menjadi industri yang cukup menjanjikan dan ikut menyumbang dunia wisata di Sulawesi Selatan. Tidak hanya itu saja, industri pembuatan rotinya juga berkembang pesat dan sekarang tidak lagi menggunakan alat-alat yang sederhana. Selain itu juga kemasannya juga sangat beragam dan terus mengikuti perkembangan.

Itulah kue khas dari Sulawesi Selatan yang harus Anda coba ketika bertandang ke daerah ini. Mau tahu kumpulan berita Sulsel hari ini terbaru, simak terus jogja.idntimes.com.

Baca Juga : Yuk Intip 6 Pantai Menawan di Sulawesi Selatan


No comments:

Post a comment