Wednesday, 28 July 2021

Mengetahui Manfaat yang Diperoleh dari Berdoa

manfaat-dari-berdoa
Ilustrasi Berdoa


budayakita.net - Berdoa adalah Salah satu cara yang bisa dilakukan atas syukur pemberian Allah Swt. Ketika berdoa seseorang juga bisa memohon pertolongan kepada Yang Maha Kuasa. Selain itu, dengan berdoa maka segala urusan kehidupan Kamu akan menjadi lebih mudah dan menjadi hati lebih tenang karena ada Allah yang akan melindungi.


Doa juga dapat dikatakan sebagai senjata bagi umat muslim. Oleh karena itu, berdoa sangat penting untuk dilakukan setiap hari bahkan setiap waktu. Berdoa juga memberikan manfaat bagi seseorang yang melakukan hal ini. Berikut adalah ulasan mengenai manfaat yang akan diperoleh dari berdoa.


Manfaat yang Diperoleh dari Berdoa

  1. Menjadikan Perasaan Menjadi Lebih Tenang

Berdoa dapat membuat diri dan perasaan menjadi lebih baik. Terdapat studi yang menunjukkan jika doa dapat menurunkan ego dan meningkatkan kerendahan hati. Sehingga, hal ini dapat menjadikan seseorang lebih mementingkan kebaikan daripada diri mereka sendiri. Berdoa juga bisa menjauhkan diri dari sifat egois.


  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Berdoa juga dapat menstabilkan detak jantung. Selain itu, berdoa juga bisa membuat detak jantung seseorang menjadi lebih kuat. Dengan berdoa juga dapat mengurangi stress. Ketika melakukan doa dapat membantu pemulihan terhadap seseorang yang telah melakukan operasi dan serangan jantung.


  1. Dipanjangkan Umur

Ketika berdoa sering kali menyelipkan dan memohon kepada Allah Swt. agar diberi umur yang panjang. Ternyata, dengan berdoa dapat menghilangkan stress dalam pikiran. Karena stres dapat memperpendek harapan hidup seseorang. Sehingga, dengan berdoa dapat membuat ketenangan dan membuat hidup yang lebih lama.


  1. Menjadikan Sikap Seseorang Menjadi Baik

Berdoa juga bisa membuat sikap seseorang menjadi lebih baik. Seseorang yang berdoa cenderung memiliki sikap yang rendah hati. Hal ini dikarenakan ia selalu merasakan syukur atas segala sesuatu yang diberikan oleh Allah Swt. Dengan adanya berdoa juga dapat meningkatkan rasa empati pada orang tersebut.


  1. Mendapatkan Ampunan dari Allah Swt.

Ketika seseorang melakukan berdoa, salah satu doanya meminta pengampunan kepada Allah Swt. terhadap segala sesuatu yang dilakukannya. Hal ini dapat membuat diri memaafkan segala kesalahan yang telah diperbuat di masa lalu.


Baca Juga: 6 Hal Yang Kamu Wajib Ketahui dari Sholat Tahajud


  1. Memberikan Harapan

Berdoa juga dapat memberikan harapan bagi seseorang. Biasanya ketika seseorang berada di titik terendah, berdoa dapat membantu seseorang untuk melewati segala sesuatu yang telah terjadi. Dengan berdoa, membantu kepercayaan diri jika ada Allah Swt. yang membantu melewati persoalan dan beban yang sedang dipikul.


  1. Meringankan Beban Pikiran

Berdoa juga dapat mengurangi dan meredakan stres yang ada di dalam pikiran seseorang. Ketika sudah melakukan berdoa, biasanya perasaan seseorang akan menjadi lebih tenang. Berdoa juga dapat membuat seseorang merenung dan mengevaluasi segala sesuatu yang telah terjadi agar menjadi lebih baik lagi.


  1. Memiliki Pola Pikir yang Kuat

Berdoa dapat menjadikan seseorang agar bisa memiliki pola pikir yang lebih kritis, kuat dan luas. Hal ini dikarenakan, ketika berdoa seseorang akan percaya jika segala sesuatu tidak dapat terjadi hanya dengan doa saja. Melainkan dibutuhkan usaha dalam mewujudkan doa tersebut.


  1. Menyembuhkan Emosional dan Fisik

Berdoa juga diyakini dapat menyembuhkan emosional dan fisik seseorang berdasarkan proses waktu yang dilalui. Ketika sesuatu dikatakan tidak ada yang mustahil, maka seseorang akan berpikir segala sesuatu memiliki sebuah harapan. Hal ini dapat menghindarkan seseorang dari rasa putus asa yang menyebabkan stres.


  1.  Mempertahankan Pandangan Positif

Seseorang yang merasa hidupnya tidak adil, maka dengan berdoa dapat membuat suasana hati yang buruk menjadi lebih baik. Karena seseorang bisa memahami rasa syukur yang telah Allah Swt. berikan untuknya. Hal ini dapat membuka pikiran seseorang terhadap hal-hal yang positif mengenai kehidupan yang dijalaninya.


Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat yang diperoleh dari berdoa. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan Kamu. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment