Tuesday, 7 September 2021

5 Makanan Khas Riau Ini Lezat Dan Tidak Boleh Dilewatkan

Makanan Khas Riau

Menikmati suatu makanan khas dari suatu daerah tentunya sangatlah nikmat, apalagi jika kamu mencicipinya langsung di kota asalnya. Memang seperti yang diketahui bahwa negara Indonesia sangat kaya akan ragam kulinernya yang mampu menghipnotis dan juga memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya, termasuk juga kamu. 

Makanan khas Riau adalah salah satu kuliner yang wajib kamu coba. Jika dalam waktu dekat ini kamu akan berkunjung dan juga menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta di Provinsi Riau. Maka berikut dibawah ini ada rekomendasi 5 makanan khas Riau yang lezat dan tidak boleh dilewatkan ketika kamu berlibur di Riau, diantaranya yaitu :

  1. Gulai Ikan Patin

Kamu harus tahu kalau Provinsi Riau ini terkenal dengan gulai ikan patinnya. Kamu bisa menikmati gulai ikan patin ini bersama keluarga, baik saat santap makan siang dan juga santap makan malam. Makanan khas Riau ini sudah sangat terkenal akan kelezatannya. 

Kamu juga tidak perlu khawatir karena bisa dengan mudah menemukan makanan khas ini di setiap restoran yang ada di Riau. Gulai ikan patin sangatlah khas karena kuahnya yang berwarna kuning pekat juga kental. Makanan khas Riau ini akan semakin nikmat disantap dengan nasi hangat juga sayuran ubi yang direbus. 

  1. Ikan Baung Asam Pedas

Makanan khas Riau ini juga menggunakan bahan dasar ikan dan diolah dengan menggunakan rempah rempah khusus yang menambah cita rasa ikan baung menjadi sangatlah nikmat. Rasa asam yang digunakan untuk Ikan Baung Asam Pedas ini adalah dengan menggunakan air asam Jawa atau sebagian juga menggunakan asam kandis yang biasanya digunakan untuk merendam ikan yang telah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya. 

Jika kamu punya anak kecil, tidak perlu khawatir karena ikan baung ini juga sangat aman untuk dimakan oleh anak anak sekalipun. Hal itu dikarenakan ikan baung tidak memiliki duri dan juga sangat lembut. 

  1. Nasi Lemak

Nasi lemak ini sangat cocok disantap sebagai menu sarapan kamu dipagi hari. Makanan khas Riau ini juga sangat gurih, hal itu dikarenakan nasi lemak dimasak dengan menggunakan santan dan juga menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma harum nasi ini. 

Lauk pauk yang melengkapi nasi lemak biasanya berupa ikan teri goreng, telur sambal, serta beberapa irisan mentimun. Selain itu, biasanya nasi lemak juga didampingi dengan tempe, daging, sayur kacang panjang, dan masih banyak menu lainnya yang bisa kamu santap. 

  1. Miso

Miso adalah makanan khas Riau yang wajib dicicipi oleh kamu pecinta segala jenis mie. Miso terbuat dari olahan tepung yang menjadi mie kuning dan mie putih. Selain itu juga miso memiliki kuah yang sangat segar juga gurih. Dilengkapi dengan beberapa bahan pelengkap berupa ayam yang disuwir suwir, tahu kering, kerupuk kulit ayam, serta dilengkapi dengan tulang ayam dan sayuran sawi yang telah direbus. 

  1. Sop Dan Sate Rusa

Jika biasanya kamu mencicipi sate daging sapi atau sate ayam, maka tidak ada salahnya ketika berada di Riau cicipi sate daging rusa. Daging rusa yang empuk memiliki sensasi rasa tersendiri ketika kamu menyantapnya, apalagi jika diolah dengan menggunakan bahan bahan serta bumbu bumbu rempah yang khas. Selain sate rusa, kamu juga wajib cicipi sop rusa yang sangat cocok dijadikan teman nasi putih hangat, apalagi ketika cuaca sedang dingin.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Semur Ayam kecap yang Enak, Bikin Nambah Terus!

No comments:

Post a Comment