Friday, 28 January 2022

5 Jajanan Pasar Tradisional Terpopuler

Janan pasar tradisional merupakanan makanan yang wajib banget dicicipi oleh kamu. Apalagi sekarang ini semakin sulit menemukan jajanan pasar tradisional, biasanya jajanan pasar tradisional akan kamu temukan ketika ada perayaan adat atau hari besar. Meskipun sulit untuk ditemukan biasanya di daerah kamu akan ada satu tempat yang khusus menyediakan jajanan pasar tradisional terpopuler. Seperti di pasar tradisional, atau toko oleh-oleh.

Nah, buat kamu yang suka banget sama jajanan pasar tradisional. Berikut dibawah ini adalah daftar dari jajanan pasar tradisional terpopuler, silahkan disimak dengan baik!

  1. Lemper

5 Jajanan Pasar Tradisional Terpopuler

Jajanan pasar tradisional terpopuler yang pertama adalah lemper. Kamu pasti tidak asing dengan jajanan pasar tradisional ini yang terbuat dari beras ketan berisi abon sapi atau suwiran ayam, yang dibungkus dengan daun pisang.

Karena terbuat dari beras ketan, lemper juga bisa menolong kamu untuk mengganjal lapar. Maka dari itu lemper sangat populer, selain membuat kenyang, rasanya juga lezat perpaduan gurih beras ketan dan isian yang mencampur dengan sempurna.

Saking populernya Lemper juga bisa ditemukan di beberapa mini market. Harganya juga dijual dengan harga yang standar bisanya sekitar 5rb -10 rb aja.

Cara pembuatan lemper terdapat dua cara pembuatan yaitu dengan di kukus dan di bakar. Nah, leper mana favorit yang kamu suka?.

  1. Klepon

5 Jajanan Pasar Tradisional Terpopuler

Klepon merupakan jajanan pasar terpopuler berikutnya yang sempat booming karena salah satu selebgram secara tidak sengaja mempromosikan jajanan pasar terpopuler ini.  Karena kepopulerannya klepon mudah sekali untuk ditemui, ada banyak pedagang di pinggir jalan yang menjual klepon.

Klepon memiliki bentuk hijau dengan isian gula merah cair, yang disajikan dengan taburan kelapa. Memiliki rasa yang sangat lezat, dan sensasi rasa khas yang tidak akan kamu temukan di jajanan pasar tradisional lainnya.

Yang membuat sensasi rasa khas dari Klepon berasal dari gula merah cair yang berada di dalam klepon tersebut. Ketika klepon masuk ke dalam mulut kamu, kamu akan merasakan kenyal dari tekstur klepon dan kemudian di dalam mulut kamu akan ada sensasi pencahayaan yang terasa manis dari gula merah cair.

Karena hal tersebutlah memakan klepon harus dalam sekali suap. Agar isian gula merah cair tidak tumpah kemana-mana.

  1. Bolu Kukus

5 Jajanan Pasar Tradisional Terpopuler

Jajanan pasar tradisional berikutnya adalah bolu kukus. Memiliki bentuk yang cantik seperti bunga yang merekah, membuat bolu kukus menjadi jajanan pasar paling banyak dicari sehingga membuatnya populer.

Bukan hanya orang dewasa saja yang menyukai bolu kukus, kalangan anak-anak pun sangat menyukai bolus kukus karena teksturnya yang lembut dan warnanya yang cantik-cantik. Warna-warna cantik yang  ada di bolu kukus berasal dari campuran pasta coklat, vanila, pandan, dan pewarna makanan lainnya.

Bolu kukus merupakan jajanan pasar terpopuler yang terbuat dari tepung terigu. Karena sangat populer bolu kukus bisa kamu temukan pada toko-toko kue di sekitaran rumah kamu.

  1. Dadar Gulung

5 Jajanan Pasar Tradisional Terpopuler

Dadar gulung memiliki warna hijau cerah yang terbuat dari campuran terigu dan telur yang diberi pewarna pandan. Rasa dari dadar gulung juga sangat manis, karena berisi kelapa parut yang dicampur rata dengan gula merah.

Kamu mungkin sering menemukan dadar gulung tapi tidak mengetahui namanya. Bentuknya memanjang yang terbuat dari tepung terigu yang kemudian dibentuk seperti dadar pada loyang, kemudian ketika adonan dadar tersebut telah matang, lalu diisi dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah.

Setelah diberi isian adonan kemudian dilipat dan disajikan. Tidak seperti jajanan pasar tradisional lainnya yang harus ditaburkan parutan kelapa terlebih dahulu, dadar gulung dapat langsung dinikmati dengan rasa yang sangat lezat dari campuran antara gurih tepung terigu, parutan kelapa, dan manis dari gula merah.

BACA JUGA : KUE KHAS IMLEK

  1. Pastel

5 Jajanan Pasar Tradisional Terpopuler

Jajanan pasar tradisional terpopuler berikutnya adalah pastel yang memiliki bentuk seperti kerang. 

Isian pastel sangat beragam umumnya berisi wortel, tauge, bihun, telur, dan lainnya sesuai selera. Cara memasaknya dengan cara digoreng hingga berwarna kecoklatan. Pastel memiliki banyak jenis antara lain pastel basah, pastel tutup, dan pastel kering.

Penutup

Demikianlah 5 daftar jajanan pasar terpopuler yang wajib kamu cicipi.


No comments:

Post a Comment