Thursday, 6 January 2022

Resep Membuat Nasi Bakar Spesial Sumsum Khas Dari Banten

Resep Membuat Nasi Bakar Spesial Sumsum Khas Dari Banten


Pada bahasan berita banten kali ini akan diulas resep nasi bakar yang lezat yaitu nasi bakar sumsum. Hidangan nasi bakar satu ini merupakan khas Banten dan bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Nasi bakar ini cocok menjadi menu sarapan, menu makan siang, dan juga makan malam dengan keluarga. Hidangan ini terdiri dari paduan nasi yang dicampur jeroan ayam lalu dibungkus dengan daun pisang. Tahap terakhir yaitu dengan dibakar sehingga rasanya tidak perlu kalian ragukan lagi. Di bawah ini akan dibahas resep membuat nasi bakar khas Banten satu ini yang bisa cukup mudah kamu praktikkan.

Persiapkan Bahan-Bahan Utama Yang Dibutuhkan


Berikut ini beberapa bahan utama yang perlu kalian siapkan:

  • Ati ampela 4 buah , bisa juga memakai jeroan ayam, pastikan sudah direbus

  • Minyak 4 sdm  

  • 5 piring nasi putih

  • Cabai merah 

  • Penyedap rasa 

  • Bawang merah 15 hingga 20 siung 

  • Gula merah 

  • Cabai rawit 

  • Garam 4 sdt 


Mempersiapkan Bahan Untuk Bumbu Halus


Untuk bumbu halusnya, siapkan cabe merah, bawang merah, cabai rawit, serta minyak, lalu kalian bisa blender sampai semua bahan halus sempurna. Setelah itu, bisa masukkan bahan lain yaitu gula merah, dan blender kembali sampai tercampur rata. 


Langkah-Langkah Pembuatan


Berikut langkah yang bisa diikuti untuk membuat nasi bakar lezat khas Banten ini.

  1. Pertama-tama, kalian bisa campur bahan-bahan. Siapkan bahan utama ati ampela atau jeroan yang telah dipotong-potong. Campurkan bersama bumbu halus yang sudah dibuat sebelumnya. Lalu selanjutnya kalian bisa masukkan garam serta penyedap rasa, aduklah hingga benar-benar tercampur rata. Selanjutnya, bisa campurkan nasi putih, dan aduk lagi sampai tercampur dengan sempurna. 

  2. Selanjutnya kalian bisa menyiapkan daun pisang, pastikan daun pisang tersebut sudah dibersihkan. Masukkan campuran tadi secukupnya, lalu tutup dengan memakai lidi kecil di kedua ujungnya. Kalian bisa melakukan tahap ini hingga semua bahannya habis. Langkah terakhir yaitu panggang dengan memakai api sedang kurang lebih 45 menit. Lebih baik jangan lupa untuk dibolak-balik agar matangnya bisa merata. Lalu setelah matang, kalian bisa angkat dan lalu hidangan nasi bakar spesial sumsum khas dari Banten ini siap disajikan. 



Beberapa Kuliner Banten Lain Yang Wajib Dicoba

Ikan bandeng sering diolah dengan digoreng atau dibakar utuh-utuh. Tetapi Di Banten, terutama daerah Serang, kalian bisa menemukan hidangan bernama sate bandeng. Sate bandeng ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang mau makan bandeng tetapi tidak mau dibuat ribet karena durinya. Ikan bandeng untuk dijadikan sate perlu dibersihkan sisiknya dan kemudian bandeng diremas atau bisa dipukul-pukul sampai dagingnya hancur serta terpisah dari kulitnya. Lalu setelah itu, daging yang hancur dicampur dengan memakai bumbu dan juga santan kental. Daging dengan berbalur bumbu akan dibentuk seperti semula lalu ditusukkan ke bambu untuk dibakar dan lalu dihidangkan.


Ada juga sate Cibeber yang merupakan sate bebek lezat, kalau secara tampilan memang tidak beda jauh dengan sate tempat-tempat lain. Hal yang membedakan yaitu bahan utama yaitu daging bebek dan dikombinasi memakai kuah kacang atau tepung yang diracik memakai berbagai macam bumbu pilihan. Bumbu kuah satenya antara lain ketumbar, gula merah, kemiri, kunyit, serai, lada hitam, dan juga beberapa bahan lainnya. Masih banyak tentunya kuliner lain dengan rasa lezat khas dari Banten yang layak dibuat dan dicicipi. 


No comments:

Post a Comment