Monday, 15 August 2022

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali dan Papua

Baju adat simple untuk laki – laki bali dan papua digunakan untuk melestarikan budaya. Baju adat dari sumatera memiliki ciri khas tersendiri.



Sumber: Celebrities.id


Sumatera merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia dan memiliki pesona alam yang indah. Masyarakat sumatera juga dikenal ramah dan penuh toleransi. Berikut Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali dan Papua antara lain :



  1. Baju safari


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali yang pertama adalah baju safari. Baju adat ini hanya dikhususkan untuk pria bali dan memiliki ciri khas tersendiri. Baju safari ini merupakan kemeja dan dirancang dan dilengkapi dengan dua saku yang letaknya ada di kiri dan kanan. Adanya saku yang diletakkan di bagian dada kiri juga memiliki makna yakni melambangkan kebersihan. Lambang kebersihan ini akhirnya menjadikan baju safari wajib menggunakan warna dasar putih sebagai bentuk dan arti dari kebersihan itu sendiri.


  1. Udeng


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali yang kedua adalah udeng. Pada pria bali mayoritas menggunakan udeng sebagai penutup kepala. Udeng sendiri juga memiliki 2 macam yakni udeng berwarna dan polos. Masing – masing dari kedua udeng ini memiliki fungsi yang berbeda. Khusus udeng berwarna putih digunakan untuk upacara keagamaan dan udeng warna untuk kegiatan sehari – hari.


  1. Kamen


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali yang ketiga adalah kamen. Untuk para pria, kamen ini dapat dipakai dengan cara diikatkan secara melingkar di bagian pinggang kiri dan kakan. Di bagian depannya, kamen dibuat menyimpul dan dilipat sesuai dengan ciri khasnya. Kamen sendiri pada simpulnya juga memiliki arti yang berarti pengabdian. Pada bagian simpulnya juga dibuat secara lancip serta diarahkan menghadap tanah yang berarti symbol penghormatan untuk sang leluhur.


  1. Payas agung


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali yang keempat adalah payas agung. Untuk pria sendiri, payas agung ini dilengkapi dengan keris. Bawahan pada payas agung menggunakan motif kain songket khas bali. Payas agung juga dijadikan sebagai symbol kemewahan yang khas dari bali. Setiap warna dari payas agung ini menjadikannya terlihat mewah dan penuh makna. Payaas agung ini akan terlihat semakin mewah apabila kedua mempelai sama – sama menggunakan mahkota.


  1. Payas alit


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali yang kelima adalah payas alit. Payas alit sendiri banyak dipakai pada saat masyarakat dari bali sedang melangsungkan ibadah di pura. Pada dasarnya payas alit ini dibuat khusus dengan warna putih yang melambangkan kebersiha, kesucian dan sakral. Payas alit khusus untuk pria menggunakan baju safari serta dilengkapi dengan aksesoris tambahan berupa udeng dan kemen.


  1. Koteka 


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Papua yakni koteka. Pakaian ini cukup mencolok dan memiliki nama daerah yang berbeda – beda mulai dari hilon, harim dan bobbe. Koteka sendiri berfungsi menutupi bagian kemaluan dari pria sehingga tampilan dari pakaian adat ini akan terlihat mencolok dan unik. Pada bagian tubuh lainnya dari saat menggunakan koteka ini akan dibiarkan terlihat sehingga Anda bisa melihat keseluruhan tubuh bagian atasnya. 


  1. Rok rumbai


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Papua yang selanjutnya adalah rok rumbai. Untuk pria, cara penggunaan rok rumbai tidak disertai dengan baju atasan sehingga akan terlihat terbuka. Untuk menyamarkannya, para pria akan menghiasi atasan dengan tato dan menggambarnya dengan berbagai macam motif khas alam.


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Bali dan Papua cukup beragam. Menggunakan baju adat merupakan bagian dari cinta budaya tanah air.


No comments:

Post a Comment