Tuesday, 3 March 2020

Tanpa Bugdet Mahal, Inilah Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Efektif

cara-merawat-rambut-rusak

Budayakita.net - Mengingat rambut memiliki peranan penting dalam urusan penampilan, maka tak heran juga jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk  melakukan perawatan rambutnya.

Bahkan, ada sebagian dari mereka yang berani membayar mahal agar kesehatan rambutnya itu senantiasa terjaga lho.

Namun, bukan berarti juga bahwa untuk mendapatkan perawatan rambut yang maksimal itu selalu dibanderol dengan harga mahal.

Nah, berbicara soal cara merawat rambut rusak dengan low budget, berikut di bawah ini ada beberapa tips alaminya yang wajib kamu coba.

1. Minyak Zaitun


Sudah sejak dari dulu, minyak zaitun ini kerap digunakan untuk hal-hal perawatan tubuh termasuk rambut.

Pasalnya, minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E yang dapat menutrisi rambut. Adapun mengenai beberapa manfaatnya seperti dapat melembutkan rambut, melembapkan rambut, hingga mencegah kerontokkan rambut.

Bahkan, cara penggunaannya pun sangat mudah lho. Siapkan minyak zaitun secukupnya, oleskan ke rambut secara merata, lalu diamkan selama 10 menit saja. Jika sudah demikian, silahkan bilas kembali rambutmu dengan air dan shampoo sampai bersih.

2. Minyak Kelapa


Selain menggunakan minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa secara rutin untuk merawat rambut yang rusak.

Berdasarkan dari hasil penelitian, minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E, vitamin K, asam kaprat, dan antimikroba yang sangat bagus untuk kesehatan rambut.

Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya? Siapkan minyak kelapa seperlunya, oleskan ke rambut secara merata sambil dipijat perlahan, dan diamkan sekitar 15 menitan. Setelah itu, kamu hanya tinggal membilasnya dengan air dan shampoo sampai bersih.

Baca juga: Langkah dan Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC atau Laptop

cara-merawat-rambut-rusak

3. Menggunakan Minyak Kemiri


Menurut para pakar rambut, kemiri mempunyai kandungan minyak yang dapat memelihara kesehatan rambut dari berbagai kerusakan.

Ya, manfaatnya tersebut dapat menebalkan rambut, menghitamkan, hingga mencegah kerontokkan.

Siapkan minyak kemiri secukupnya, oleskan ke rambut secara merata sambil diberi pijatan lembut, dan diamkan kurang lebih sekitar 15 menitan, kemudian bilas kembali rambutmu dengan air dan shampoo sampai bersih.

4. Menggunakan Lidah Buaya


Ini dia salah satu jenis tanaman yang memang selalu menjadi andalan untuk perawatan rambut yang rusak. Tanaman lidah buaya sangat efektif untuk menghaluskan rambut, melembapkan rambut, menebalkan rambut, dan mencegah kerontokkan rambut.

Mengenai caranya, siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, kupas kulitnya, ambil bagian dagingnya yang berbentuk gel, kemudian tumbuk sampai lembut.

Oleskan masker lidah buaya tersebut ke rambut dan kulit kepala secara merata, beri pijatan lembut, dan diamkan sekitar 30 menit. Seperti biasa, bilas lagi kapalamu dengan air dan shampoo hingga bersih.

5. Menggunakan Daun Seledri


Tips alami berikutnya yang paling efektif untuk merawat rambut rusak, yakni dengan menggunakan daun seledri.

Daun ini mempunyai beragam kandungan positif yang bagus untuk kesehatan rambut, seperti mineral, antioksidan, protein, zat antimikroba, dan vitamin.

Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan sekitar 100 gram daun seledri, rebus hingga airnya mendidih. Pisahkan antara ampas daun dengan air rebusannya, dan diamkan hingga air rebusan tersebut dingin.

Setelah dingin, tambahkan dengan cuka sebanyak 1 sendok makan, aduk-aduk, lalu oleskan pada rambut secara merata, dan diamkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas kembali rambutmu dengan air dan shampoo sampai bersih.

Itulah beberapa tips alami paling efektif untuk merawat rambut rusak, yang bisa kamu lakukan tanpa harus membayar mahal. Bagaimana, berani coba?

Baca juga: Berita Otomotif Harga Terbaru Motor dari Semua Merek di Juli 2018

No comments:

Post a comment