Sunday, 29 March 2020

Penyakit Jantung: Fakta, Penyebab dan Gejala Jantung


Budayakita.net - Jantung merupakan organ yang memiliki otot, ukuran dari jantung adalah sesuai dengan ukuran kepalan tangan kita.

Jantung ini bekerja sebagai pompa darah pada tubuh. Jantung terbagi kedalam dua bagian, yaitu jantung bagian sisi dan jantung bagian kanan.

Kedua bagian jantung ini berguna sebagai pemisah antara darah yang kaya akan oksigen dan darah yang mengangkut karbondioksida, darah yang sedikit oksigennya akan kembali pada jantung saat darah telah beredar ke seluruh tubuh.

Jantung bagian kanan terdiri dari atrium kanan dan juga ventrikel kanan, yang kerjanya adalah memompa dan mengumpulkan darah menuju paru-paru melewati arteri pada paru-paru.

Selanjutnya paru-paru akan memasukan oksigen baru pada darah, dan paru-paru juga akan mengeluarkan limbah yang berupa karbondioksida.

Darah yang sudah diberikan pasokan oksigen baru oleh paru-paru akan masuk pada jantung bagian kiri yang terdiri dari atrium kiri dan ventrikel kiri, kemudian bagian kiri pada jantung akan memompa darah melewati aorta dan darah yang kaya oksigen dan nutrisi menuju keseluruh bagian tubuh .

Penyakit jantung merupakan istilah yang mencakup seluruh gangguan pada jantung. Penyakit jantung berbeda dengan penyakit kardiovaskular, penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang menggambarkan mengenai adanya masalah pada pembuluh darah, system peredaran darah dan juga jantung.

Sedangkan definisi penyakit jantung adalah penyakit yang mengacu pada kelainan dan juga masalah bentuk pada jantung.

Gangguan pada jantung itu bisa bermacam-macam, yaitu ada gangguan irama jantung, pada pembuluh darah di jantung, katup jantung atau bahkan gangguan bawaan dari lahir.

Penyakit jantung mengacu pada kondisi yang melibatkan jantung, pembuluh, otot, katup, atau internal electric pathway yang menyebabkan kontraksi otot.

Kondisi penyakit jantung yang umum termasuk:

  • Penyakit arteri koroner
  • Gagal jantung
  • Kardiomiopati
  • Penyakit katup jantung
  • Aritmia

Penyakit arteri koroner adalah penyebab utama serangan jantung. Ini adalah jenis penyakit jantung yang paling umum di A.S.

Penyakit jantung Menurut Centers for Disease Control (CDC) adalah penyebab utama kematian di beberapa negara besar di Indonesia seperti Australia, inggris dan amerika serikat.

Fakta mengenai penyakit jantung:


Penyakit miokard, jantung coroner, aritmia merupakan contoh dari penyakit jantung yang sering ditemui.

Pengobatan penyakit jantung bisa dilakukan dengan menggunakan obat dan juga operasi.
Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung bisa dengan cara olahraga secara rutin dan berhenti merokok.

Penyebab penyakit jantung sangatlah bervariasi tergantung dari jenis penyakit jantung.


Baca juga: Tanpa Bugdet Mahal, Inilah Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Efektif

Penyebab kardiovaskular


Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu yang menyebabkan penyakit jantung. Biasnaya disebut dnegan aterosklerosis yang merupakan adanya penumpulkan plak pada arteri, dimana lama kelamaan plak akan menumpuk dan membuat aliran darah menjadi terhambat.

Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya olahraga, merokok, diet tidak sehat, obesitas.

Penyebab aritmia jantung


Aritmia jantung merupakan salah satu penyakit jantung yang bisa di sebabkan karena bawaan dari lahir, tekanan darah tinggi, merokok, diabeter, arteri coroner, penyakit jantung valvular, penggunaan narkoba, mengkonsumsi kafein atau alcohol berlebihan, efek samping obat.

Penyebab kelainan jantung bawaan


Sudah jelas bahwa kelainan jantung bawaan ini merupakan penyakit jantung yang biasanya terjadi dari saat masih bayi, atau ketidak sempurnaan pembentukan jantung pada saat masih di kandungan.

Beberapa kondisi saat hamil bisa menjadi penyebab terjadinya kelanan jantung bawaan, contohnya mengkonsumsi obat-obatan saat lahir, mengkonsumsi alcohol, terpapar radiasi, merokok.

Cacat jantung juga bisa terjadi pada orang dewasa yang disebabkan oleh semakin bertambahnya usia sehingga adanya perubahan pada struktur jantung.

Penyebab kardiomiopati


Kardiomiopati disebabkan oleh adanya pembesaran atau penebalan pada otot jantung.

Penyebab infeksi jantung


Infeksi jantung biasanya disebabkan oleh parasite, virus, bakteri.

Penyebab jantung katup


Penyakit jantung katup bisa di sebabkan oleh beberapa kondisi seperti gangguan jaringan ikat, demam rematik dan juga terjadinya infeksi.

Meskipun penyakit jantung terdengar seperti penyakit yang sangat parah, tetapi penyakit jantung sama seperti penyakit lain yang memiliki Tanda-tanda dan cara mencegah penyakit jantung.

Gejala penyakit jantung tergantung pada kondisi mana yang mempengaruhi seseorang. Tanda-tanda dair penyakit jantung sebenarnya tergantung dari kondisi mana yang mempengaruhi seseorang.

Hanya saja ada beberapa gejala atau tanda-tanda umum jika seseorang terkena penyakit jantung, yaitu:

  • Nyeri dada
  • Jantung berdebar
  • Sesak napas

Nyeri dada yang dialami oleh orang yang memiliki penyakit jantung biasa dikenal dengan angina / angina pectoris.

Nyeri dada atau angina biasa terjadi saat jantung tidak mendapatkan oksigen dengan cukup. Pemicu angina pectoris yaitu adanya aktivitas fisik yang berlebihan atau mengalami stress, nyeri dada biasanya akan berlangsung selama kurang dari 10 menit.

Akibat dari jenis penyakit jantung yang lain yaitu ada serangan jantung. Apa Itu Serangan Jantung?Serangan jantung adalah kondisi seseorang mengalami nyedi dada, lemas, sesak napas dan bahkan bisa berujung kematian.

Hal ini terjadi saat asrteri coroner tersumbar oleh gumpalan darah yang menyebabkan jaringan jantung tidak mendapatkan suplai darah, kurangnya darah para area jaringan jantung bisa menyebabkan kerusakan atau bahkan membunuh jaringan jantung dengan sangat cepat.

Sehingga orang dengan serangan jantung biasanya harus segera diberikan perawatan UGD atau diperlukannya rangkaian kateterusasu agar jaringan jantung tidak hilang atau rusak.

Gejala atau tanda-tanda dari serangan jantung ini ada kemiripan dengan gejala pada angina pectoris, bedanya yaitu serangan jantung bisa terjadi saat seseornag sedang tidak melakukan aktivitas atau sedang mengalami stress dan serangan jantung ini cenderung lebih parah dibandingkan dengan angina.

Gejala orang yang terkena serangan jantung juga bisa seperti adanya gangguan pada pencernaan, biasanya akan merasakan berat pada bagian dada, sakit perut dan mulas.

Gejala lain dari serangan jantung juga bisa merupakan rasa sakit yang terasa ke seluruh tubuh, rasa sakit bisa dirasakan pada punggung, leher, perut, rahang dan juga lengan.

Gejalanya juga disertai dengan rasa pusing dan banyak berkeringat bahkan sampai mual dan muntah.

Penyakit jantung yang lainnya yaitu ada gagal jantung, pada orang yang terkena gagal jantung biasanya akan mengalami sesak napas saat jantung menjadi lemah untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh.

Penyakit jantung bawaan ini memiliki gejala umum seperti dibawah ini:

  • Sakit dada
  • Sesak napas
  • Kulit atau bibir berwarna biru
  • Berkeringat
  • Merasa lelah

Pada kasus gagal jantung yang parah gejala bahkan akan muncul sejak bayi baru lahir, tetapi pada umumnya gejala muncul saat usia sudah lebih dari umur 13 tahun.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung, tetapi beberapa hal bisa di control dengan baik sehingga dapat menghindari terkena penyakit jantung, yaitu:

  • Menjaga berat badan
  • Olahraga
  • Batasi minum kafein dan alcohol
  • Menjaga makanan
  • Memeriksa darah
  • Hindari merokok

No comments:

Post a comment