Wednesday, 29 April 2020

10 Tips dan Cara Hidup Sehat yang Bisa Anda Coba


Budayakita.net - Seperti yang diketahui bahwa kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap sehat banyak orang yang rela melakukan apa saja.

Segala cara yang dilakukan baik secara medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supranatural.

Semua itu mereka lakukan dari berbagai kalangan agar senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Bahkan tidak sedikit cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya. Tetapi sebenarnya untuk menjaga diri agar tetap sehat itu tidaklah sulit, bahkan juga tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Namun, tentunya butuh ekstra kesabaran dan keuletan yang hanya sedikit orang mampu melakukannya. Berikut 10 tips dan cara hidup sehat yang bisa anda coba :

1. Berhenti Merokok


Tips hidup sehat pertama yang bisa anda lakukan adalah berhenti merokok. Dalam hal ini, sudah banyak bukti kalau merokok itu merugikan kesehatan, mulai dari risiko kanker dan paru-paru hingga kanker mulut. Oleh karena itu mulai hari ini segera berhenti merokok.

2. Hindari Perokok


Bagi anda yang tidak merokok jangan sampai kesehatan anda terganggu dari asap rokok orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya anda jauhi orang yang suka merokok.

3. Pilihlah Camilan Yang Sehat


Ketika anda merasa lapar dan waktu makan belum tiba, maka ada baiknya jika anda memilih camilan yang sehat seperti buah-buahan. Bahkan sekarang ini sudah ada snack rendah kalori.

4. Minumlah Smoothies Sayur dan Buah


Smoothies sayu dan buah pastinya sangat menyehatkan. Selain rasanya yang enak, anda juga akan memperoleh manfaat dari buah dan sayur sekaligus.

5. Peras Jus Buah Sendiri


Cara sehat lainnya adalah peras jus buah sendiri. Memeras jus buah sendiri akan jauh lebih baik dibandingkan jus dalam kemasan. Karena selain menggunakan pengawet anda juga dapat memastikan apa saja yang masuk ke dalam jus tersebut.

6. Menjadi Vegetarian


Menjadi seorang vegetarian bukan hanya sekedar untuk kesehatan saja. Karena ada juga diet vegetarian yang kurang baik.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan menjadi seorang vegetarian ada baiknya mempelajari seluk beluk seorang vegetarian terlebih dahulu. Kemudian lakukan secara bertahap.

7. Lakukan Lebih Banyak Aktivitas Di Luar Rumah


Tips hidup sehat berikutnya adalah lakukan lebih banyak aktivitas di luar ruangan. Bagi anda yang lebih sering melakukan banyak aktivitas di dalam ruangan seperti di kantor atau rumah.

Ada baiknya meluangkan waktu, mungkin di akhir pekan bersama teman atau keluarga untuk merencanakan lebih banyak aktivitas di luar ruangan yang akan membuat anda berada di bawah sinar matahari dan udara segar. Tentunya hal ini sangat baik untuk kesehatan anda.

8. Perhatikan Kesehatan Gigi


Hal penting lainnya agar hidup sehat adalah selalu perhatikan kesehatan gigi. Oleh karena itu, pastikan anda mengunjungi dokter gigi serta memastikan kesehatan gigi setidaknya sekali dalam 6 bulan.

Dengan demikian, anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Selain itu, jangan lupa untuk gosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari, terutama sebelum tidur. Risiko buruk paling ringan yang akan dialami oleh orang yang malas sikat gigi sebelum tidur di malam hari adalah munculnya bau tidak sedap saat bangun di pagi hari.

Karena bakteri di mulut yang bersifat anaerob atau tidak bisa bertahan hidup saat tidak ada oksigen akan mencerna protein dan sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi dan gusi.

Nah, protein yang dicerna inilah kemudian bisa menghasilkan gas yang memicu munculnya bau tidak sedap pada rongga mulut.

9. Bergaulah Dengan Orang Yang Sehat


Tips hidup sehat yang terakhir adalah bergaul dengan orang yang sehat. Dengan semakin banyak waktu yang anda habiskan dengan orang-orang yang sehat jasmani dan rohaninya, maka akan semakin baik pula. Karena hal itu akan menambah kesadaran anda tentang pentingnya menjaga hidup sehat.

10. Sering Makan Buah


Tips hidup sehat yang terakhir adalah memperbanyak mengonsumsi buah-buahan, salah satunya adalah alpukat.

Alpukat merupakan buah yang banyak digemari oleh banyak orang, alpukat sendiri mempunyai rasa yang lezat.

Selain mempunyai rasa yang lezat, ternyata alpukat juga memiliki kandungan vitamin yang luar biasa.

Ada lebih dari 25 nutrisis penting yang terkandung di dalam alpukat yang di antaranya adalah nitami A, vitamin B, vitamin c, vitamin C, copper, zat besi, phosporus dan masih banyak lagi.

Selain itu juga, di dalam alpukat mengandung serta yang bermanfaat sebagai protein seperti beta sitosterol, glutathione, dan lutein yang berhaksiat mambantu untuk melindungi terhadap berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan, sebagai berikut ini:

Baca juga: Penyakit Jantung: Fakta, Penyebab dan Gejala Jantung


- Baik Untuk Kesehatan Jantung


Alpukat mempunyai manfaat yang bisa menjaga kesehatan jantung loh, di dalam alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat membantu mengatur kadar homocysteine.

Tingkat homocysteine yang tinggi, dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu juga, alpukat mengandung vitami E, Glutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk membantu dalam manjaga kesehatan jantung.

- Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata


Buah alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari carotenoid, yang dikenal dapat membantu untuk melindungi terhadap usia terkait macular degeneration dan katarak.

- Mengatur Kadar Gula Darah


Lemak baik tak jenuh tunggal di dalam alpukat, dapat bermanfaat membalikkan resistensi insulin yang membnatu untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

- Bermanfaat untuk Menurunkan kolestrol


Alpukat sendiri kaya akan senyawa yang disebut dengan beta sitisterol, yang telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan kadar kolestrol darah.

- Mengendalikan Tekana Darah


Manfaat lainnya dari alpukat untuk kesehatan, adalah dapat mengendalikan tekanan darah. Di dalam alpukat sendiri, memiliki sumber kalium yang dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

- Sebagai anti Inflammatory (sifat inflamasi)


Senyama phytonutrient yang di temukan di dalam aplukat, seperti polyphenols dan flavonoids. Telah ditemukan memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk megurangi risiko gangguan inflamasi dan degenerative.

- Mengurangi Resiko Stroke


Dengan memiliki kandungan folat yang cukup tinggi, alpukat ini  juga dapat melindungi resiko stroke.
Bahkan ada sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang makan diet kaya folat, memiliki resiko paling rendah untuk terkena stroke dibandingkan mereka yang tidak.

- Melindungi Dari Kanker


Menurut banyak penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat ini bisa menghambat pertumbuhan “kanker prostat”.

Selain itu kandungan asan oleat pada alpukat ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang 10 tips dan cara hidup sehat, semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya.

Baca juga: Tanpa Bugdet Mahal, Inilah Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Efektif

No comments:

Post a comment