Tuesday, 12 May 2020

Ingin Tahu Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat? Yuk, Kita Kepoin

cara-menurunkan-berat-badan

Budayakita.net - Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kebanyakan masyarakat di era yang serba modern ini gemar mengonsumsi junkfood alias makanan-makanan cepat saji.

Padahal, terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan cepat saji tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan lho!

Soalnya, kadar kolesterol yang terkandung pada makanan-makanan cepat saji ini tergolong cukup tinggi.

Alhasil, lemak jenuh di dalam tubuh pun akan semakin menumpuk sehingga berdampak pada peningkatan berat badan yang melebihi batas normal (obesitas).

Pengertian Obesitas


Dalam dunia medis, istilah obesitas ini ditujukan pada seseorang memiliki berat badan yang melebihi batas normal.

Pada dasarnya, ada beberapa cara untuk melakukan kasifikasi terhadap kegemukan. Ya, salah satu metode yang paling banyak dijumpai, yakni dengan menggunakan IMT (Indeks Massa Tubuh).

Mengenai cara kerjanya, metode ini akan mengukur perbandingan antara berat badan dalam itungan kg (kilogram), dan tinggi badan dalam itungan meter.

Lantas, apa yang menjadi penyebab obesitas?

Pada umumnya, masalah obesitas ini akan terjadi ketika kadar kalori masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan begitu, maka kondisi tersebut bisa menyebabkan energy menjadi berlebihan, sehingga akan diubah menjadi cadangan dalam bentuk lemak.

Disamping itu, masalah obesitas juga bisa disebabkan karena faktor genetic, perilaku tidak sehat, dan hormonal pada berat badan.

Masalah obesitas dapat dideteksi ke penyebab medis, seperti sindrom prader-will, sindrom cushing, penyakit, dan berbagai kondisi lainnya.

Akan tetapi, masalah tersebut sangat jarang kita jumpai. Dengan kata lain, penyebab utama dari masalah obesitas itu karena jarang berolahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Gejala Obesitas


Pada, tahap awal pada masalah obesitas ini biasanya tidak akan menunjukkan gejala apapun, sehingga si penderita tidak menyadari bahwa berat badannya terus meningkat.

Si penderita baru akan menyadari gejalanya, ketika keluarga atau orang-orang terdekat memberi tahu mengenai ukuran badannya yang semakin membesar. Diagnosis obesitas terjadi ketika indeks massa tubuh (BMI) menunjukkan angka 30 atau lebih tinggi.

Indeks Massa Tubuh dihitung dengan membagi berat badan dalam itungan kilogram dengan tinggi badan dalam itungan meter kuadrat.

Bagi kebanyakan orang, BMI dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang perkiraan kadar lemak dalam tubuh.

Tapi sayangnya, BMI tidak bisa langsung mengukur kadar lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu harus tahu mengenai cara menurunkan berat badan.

Nah, untuk mempersingkat waktu, berikut di bawah ini ada 10 cara menurunkan berat badan menggunakan tips alami:

1. Mengonsumsi Teh Hijau


Cara pertama yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan secara alami, yakni dengan meminum teh hijau.

Adapun mengenai beragam manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin meminum teh hijau, seperti dapat menurunkan berat badan, memperlancar metabolisme tubuh & metabolisme lemak, hingga mencegah kanker.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi teh hijau teh hijau sebanyak 2 gelas per hari.

2. Lakukan Gerakan Kardio


Apa sih yang dimaksud dengan kardio? Kardio ini merupakan jenis olahraga yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti, berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Gerakan kardio ini dapat melatih otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan, dan pundak. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya kamu lakukan kardio setiap hari dengan durasi 15 – 30 menit saja. 

3. Lakukan Gerakan Sit-up dan Push-up


Selain gerakan kardio, ternyata gerakan sit-up dan push-up juga cukup efektif untuk menurunkan berat badan secara alami lho.

Cara kerjanya pun sangat simple, dimana kamu hanya perlu melakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up per harinya.

Jika perlu, tingkatkan intensitas latihan gerakan ini setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

4. Kurangi Konsumsi Makanan-makanan Cepat Saji


Junk foof alias makanan cepat saji ini memang lebih praktis, sehingga selalu menjadi pilihan utama ditengah sibuknya rutinitas.

Tak hanya praktis, makanan cepat saji juga memiliki rasa yang gurih. Padahal, kandungan MSG pada makanan cepat saji itu tergolong cukup tinggi lho!

Maka dari itu, kamu harus mengurangi atau bahkan menghindari makanan-makanan cepat saji tersebut.

5. Kurangi Kuliner Yang Mengandung Kadar Gula Tinggi


Tak hanya makanan cepat saji, kuliner manis juga dapat menyebabkan masalah obesitas! Yang lebih mengerikannya lagi, kuliner-kuliner manis tersebut bisa mengundang berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan diabetes.

Apabila kamu ingin memakan kuliner yang manis-manis, maka pilihlah kuliner yang kadar karbohidratnya rendah seperti yoghurt, smoothies, pudding, buah, dan ubi jalar.

Baca juga: Penyakit Jantung: Fakta, Penyebab dan Gejala Jantung

6. Minum Air Jeruk Nipis


Dibalik ukurannya yang super mungil, ternyata buah jeruk nipis ini kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin lho.

Ya, kandungan tersebut diantaranya adalah vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air, dan zat besi.

Kamu bisa meminum air jeruk nipis ini dengan mencampurkannya kedalam segelas air hangat.

Dalam hal ini, kamu dianjurkan untuk meminum air jeruk nipis ini 1 gelas di pagi, 1 gelas di siang, dan 1 gelas sebelum tidur malam. Tapi, ramuan ini tidak boleh diminum bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung.

7. Memperbanyak Minum Air Putih


Tips alami paling simple berikutnya yang harus kamu coba untuk menurunkan berat badan, yakni dengan memperbanyak minum air putih.

Ada beragam manfaat dari mengonsumsi air putih memiliki untuk tubuh yang harus kamu ketahui, seperti meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun dalam tubuh, bagus untuk system pencernaan, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

8. Minum Ramuan Madu dan Jahe


Memang sudah sejak dari dulu, kedua bahan alami ini terkenal dengan beragam khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Ya, salah satunya dapat menurunkan berat badan secara alami. Lalu, bagaimanakah cara membuat ramuannya?

Sediakan 1 gelas air hangat, campurkan dengan 2 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe kedalamnya, lalu minum ramuan tersebut sampai habis.

9. Mengonsumsi Makanan-makanan Yang Kaya Serat


Tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, makanan-makanan yang kaya akan serat ini juga bisa memperlambat penyerapan gula, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, serta membersihkan saluran pencernaan.

Makanan-makanan kaya akan serat ini terdapat pada kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan.

10. Jangan Makan Lebih Dari Jam 6 Sore


Cara alami berikutnya yang wajib kamu coba untuk menurunkan badan, yakni jangan makan lebih dari jam 6 sore.

Porsi makan yang banyak itu seharusnya dilakukan pada sarapan pagi, sedangkan makan siang dan malam harus dengan porsi sedikit.

Apabila kamu ingin makan malam dengan porsi banyak, maka usahakan untuk tidak langsung tidur setelah selesai makan.

Seperti itulah beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat, yang tentu saja wajib kamu coba sendiri dirumah.

Baca juga: 10 Tips dan Cara Hidup Sehat yang Bisa Anda Coba

No comments:

Post a comment