Monday, 9 November 2020

Tips Memasak Rendang Anti Gagal dan Nikmat Rasanya

tips-memasak-rendang-anti-gagal

BudayaKita.net - Rendang menjadi salah satu menu kuliner favorit, tak hanya di Indonesia tetapi juga di sunia. Kelezatan rendang padang sudah diakui mancanegara melalui survei yang dilakukan CNN International tahun 2011. Di mana rendang meraih peringkat pertama dalam World’s 50 Most Delicious Foods. Tak heran jika siapapun tak bisa menolak gurih dan nikmatnya rendang. 

Rendang umumnya terbuat dari daging sapi dan diolah bersama bumbu rempah yang membuat rasanya legit dan gurih. Mulai dari jinten, kapulaga, kemiri dan bumbu lainnya dipadu santan kental menjadikan rendang padang terasa lezat. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mengolah rendang padang dengan tepat. Tak jarang, kesalahan dalam proses memasak rendang menjadikan hasilnya alot atau malah tidak terasa meresap bumbunya. Tekstur rendang yang benar tetntunya empuk saat digigit tetapi juga bukan tekstur hancur karena terlalu lama dalam memasak. 

Menghindari kesalahan berikut ini ketika memasak rendang

Sudah punya resep rendang padang yang siap Anda eksekusi di rumah? Selain melihat cara pembuatannya, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa jadi kesalahan saat Anda memasak rendang. Sebab bisa dikatakan jika memasak rendang padang membutuhkan waktu berjam-jam dan cukup rumit. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang kesulitan membuat rendang padang yang legit dan enak. Agar Anda berhasil memasak rendang, simak hal-hal berikut ini agar Anda terhindar dari kesalahan.

1. Merebus dagingnya sebelum diolah

Proses memasak rendang yang lama dan membutuhkan waktu berjam-jam, rupanya membuat sebagian orang berpikir untuk merebus dagingnya terlebih dahulu sebelum ia olah. Sehingga daging rendang bisa lebih cepat matang. Padahal hal ini salah dilakukan, sebab cita rasa rendangnya malah menjadi kurang legit. Proses memasak yang memakan waktu lama, malah menjadi proses memasak rendang yang mampuat menghasilkan tektur dan cita rasa daging lebih sempurna. 

2. Tekstur daging tidak empuk

Memasak rendang yang tidak terlalu lama juga bisa menyebabkan tekstur daging alot atau kurang empuk. Daging alot juga bisa disebabkan karena Anda salah memilih potongan daging yang dipakai memasak rendang. Bagian daging yang umumnya dipakai untuk membuat resep rendang padang, adalah bagian paha sapi. Sebaiknya potong bagian daging agak tebal agar tidak hancur sebab proses memasak yang lama. Daging yang terasa alot tentu saja merusak citarasa dari rendang itu sendiri. 

3. Rendang memiliki citarasa pahit

Pernahkah Anda menemui rendang yang terasa pahit ketika dicicipi? Hal tersebut terjadi karena rendang mengalami sedikit gosong. Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus menggunakan api kecil saat emmasak. Setelah daging sudah empuk, rendang jangan diaduk tetapi didorong-dorong. 

4. Rendang kurang berminyak

Kesalahan selanjutnya yang biasa terjadi yaitu rendang kurang berminyak dan malah bertekstur kering. Padahal semestinya kandungan minyak pada rendang tersebut yang membuat citarasa lezat dan rendang jadi lebih tahan lama. Rendang yang kurang berminyak dapat disebabkan karena santan yang digunakan kurang tua. Atau penggunaan bahan santan diganti dengan susu. Agar rendang yang dihasilkan dapat kental dan berminyak, gunakanlah kelapa tua untuk menghasilkan rendang yang pas.

5. Bumbu rendang terasa kurang sedap

Jika bumbu rendang yang Anda masak terasa kurang sedap, bisa jadi disebabkan karena takaran bumbu rempah ataupun santan yang tidak tepat. Hal ini menjadi berpengaruh pada citarasa rendang yang dihasilkan. Untuk 1 kg daging, sebaiknya gunakan santan dari 3-4 kelapa tua. 

Itu dia beberapa tips memasak rendang anti gagal yang bisa Anda coba sehingga masakan rendang Anda terasa semakin nikmat. Jangan lupa bagikan hasilnya ke kami ya setelah mencoba!

Baca juga: Resep Soto Betawi dan Cara Mudah Membuatnya

No comments:

Post a comment