Tuesday, 22 December 2020

6 Hal Yang Kamu Wajib Ketahui dari Sholat Tahajud

6 hal wajib tahu sholat tahajud


budayakita.net - Sholat Tahajud merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada malam hari hingga menjelang subuh. Waktu tersebut adalah waktu yang paling utama mengerjakan sholat sunnah tahajud. Sholat tahajud dikerjakan setelah sholat isya dan harus tidur terlebih dulu sebelum mengerjakannya. Jika mengerjakan sholat malam tetapi tidak tidur terlebih dulu maka dinamakan sholat qiyamullail. Berikut adalah beberapa informasi penting seputar doa sholat tahajud. 

1. Doa Untuk Sholat Minimal 2 Rakaat

Sholat tahajud dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal tidak terbatas walau ada beberapa yang mengatakan maksimal mengerjakan sholat tahajud adalah 12 rakaat. Pelaksanaan sholat tahajud juga tidak berbeda dengan sholat sunnah lain. Tidak ada gerakan khusus yang harus dilakukan dalam sholat tahajud ini.

2. Doa Untuk Sholat Sunnah di Sepertiga Malam

Hukum mengerjakan sholat tahajud adalah sunnah muakad di mana sholat sunnah ini sangat dianjurkan. Sholat sunnah muakad lainnya yang sangat dianjurkan adalah sholat duha dan sholat tarawih. 

Bahkan dalam Al-Qur'an terdapat ayat yang isinya perintah melakukan sholat tahajud pada malam hari sebagai suatu ibadah tambahan. Meskipun begitu, sholat tahajud ini bukan berarti wajib dikerjakan, hukum melaksanakan sholat ini tetap sunnah. Adapun waktunya adalah ketika sepertiga malam tiba atau sekitar mulai pukul 1 dini hari sampai menjelang waktu sholat Subuh.  

3. Doa yang Banyak Memberikan Manfaat

Apa sih manfaat doa sholat tahajud? Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda mengerjakan sholat sunnah tahajud ini. Dari mulai mendapatkan ketenangan, dikabulkan segala hajat dan doanya, wajah akan nampak lebih bersinar, dijauhkan dari bencana dan marabahaya, dan tentunya akan dicintai oleh Allah SWT. Oleh karena itu, selepas sholat tahajud Anda disarankan untuk berdoa dan berdzikir agar pahala yang Anda dapatkan bertambah berkali-kali lipat. 

4. Membaca Dzikir Diiringi Doa Sholat Tahajud

Membaca dzikir dengan khusyu agar kita merasa dekat dengan Allah SWT. Bacaan zikir antara lain istighfar, tasbih, tahmid, dan sholawat.  Perlu diketahui bahawa tujuan berdzikir adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT karena itu saat membaca kalimat dzikir harus dengan ikhlas dan khusyuk. Dzikir dibaca setidaknya 100 kali atau jika sanggup 1000 kali. 

Bacaan doa  sholat tahajud sebaiknya dihafalkan agar ketika berdoa tidak perlu melihat teks dan doanya akan lebih khusyu. Nah, untuk itu marilah mengerjakan sholat tahajud dan berdzikir setelahnya. Manfaat yang akan didapatkan sangat banyak dan insyaAllah akan menambah pahala kita. 

5. Doa yang Menambah Kekhusyukan

Dengan berdoa sebelum atau sesudah sholat tahajud, maka seseorang tentu akan merasa damai, nyaman dan juga tentram. Hal ini bisa menambah kekhusyukan saat beribadah. Bukan hanya itu, efektivitas dari ibadah yang bermakna sebagai momen spiritual seseorang juga akan lebih optimal.

6. Mengandung Arti yang Sangat Baik

Doa adalah suatu ucapan yang sangat baik dalam upaya memohon kepada Allah. Karena itulah, Anda dapat memahami arti mendalam doa tersebut agar bisa lebih maksimal dalam memanjatkan puja puji terhadap Allah dan memohon sesuatu yang diinginkan. 

Itulah sekilas tentang beberapa informasi seputar doa sholat tahajud. Sebaiknya sholat ini dilakukan bersama keluarga untuk meningkatkan kesadaran dan kerajinan terhadap kegiatan sunnah tersebut. Selain itu, dengan berdoa bersama keluarga, maka keistiqomahan dalam menjadi pribadi yang lebih baik akan dapat terlaksana secara komprehensif. 

Baca juga: Kata-Kata Motivasi Islami untuk Menjadi Lebih Baik



No comments:

Post a Comment