Thursday, 26 August 2021

Bagian Penting dan Langkah Opsional dalam Prosedur Cara Rakit PC

cara-rakit-pc-yang-benar
PC Gaming


budayakita.net - Cara rakit PC memang memiliki step by step yang cukup rumit. Beberapa hal bahkan tak boleh dilewatkan. Jika tidak, maka hasilnya takkan maksimal. Namun, ada juga langkah-langkah yang sifatnya opsional. Inilah beberapa hal penting yang bisa dijadikan referensi.

  1. Menguji Komponen Inti 

Ini adalah langkah opsional teknis saat mempelajari cara rakit PC dari awal. Tetapi ini dianggap sebagai praktik yang baik dan dapat bermanfaat jika Anda tidak beruntung dan akhirnya memiliki komponen yang rusak atau DOA (Dead on Arrival). 

Ini adalah sesuatu yang direkomendasikan untuk sebagian besar builder pertama kali. Namun jangan ragu untuk melewati langkah ini jika Anda merasa percaya diri dan hanya ingin menyelesaikan perakitan Anda lebih cepat daripada nanti.

Melakukan pemeriksaan bahwa bagian-bagian yang telah Anda pasang sejauh ini semuanya berfungsi memang sangat mudah. Anda hanya perlu mencolokkan sementara PSU dan starting motherboard dengan obeng.  Ini dapat menghemat waktu Anda karena itu lebih sulit untuk melakukan troubleshooting atau uninstall sesuatu ketika semuanya sudah terpasang di case.

Ini penting apabila Anda ingin menginstal sementara GPU untuk pengujian, dan kemudian menghapusnya agar dapat memasang motherboard dalam case. Jika tidak, GPU akan menghalangi. Pahami dengan baik panduan pengujian eksternal jika Anda ingin memeriksa bagian-bagian PC. 

Pahami juga bagaimana cara memeriksa suhu CPU Anda di BIOS saat Anda melakukannya. Tujuannya adalah untuk mengonfirmasi CPU, pendingin, dan pasta Anda semuanya terpasang dengan benar.

  1. Pasang Motherboard ke Casingnya

Ini adalah prosedur setelah Anda selesai menginstal CPU, pendingin, dan RAM, ditambah M.2 SSD jika Anda memilikinya. Anda juga sebaiknya telah melakukan tes eksternal cepat untuk memastikan posisi PC aman. Lalu, kini saatnya untuk menurunkan motherboard ke dalam casing.

Anda harus memasang plat belakang motherboard dan memasang penutup casing, atau sekrup yang membuat celah antara casing dan motherboard. Maka itu masalah hati-hati menurunkan papan ke dalam pertandingan pertama dengan plat belakang. Terakhir, jangan lupa mengencangkan papan untuk mengamankannya. Setelah langkah kunci perakitan PC ini, konstruksi Anda akan benar-benar mulai terbentuk. 

  1. Pasang GPU dan Kartu PCIe Lainnya

Secara teknis, ini adalah langkah opsional lainnya ketika mempelajari cara merakit PC. Mengapa demikian? Karena beberapa dari Anda akan membuat PC game APU tanpa kartu grafis. Dengan kata lain, Anda bisa juga menggunakan grafis terintegrasi CPU. 

Tetapi bagi kebanyakan orang yang merakit PC game, kemungkinan akan memiliki kartu grafis untuk dipasang. Ini mudah dilakukan tetapi lihat panduan langkah demi langkah karena ada beberapa hal yang harus dilakukan termasuk menggunakan slot PCIe yang tepat pada motherboard. 

Ini tentu lebih besar tingkat kesulitannya karena terdapat lebih dari satu slot PCIe panjang penuh yang harus dimaintain. Kemudian, Anda juga harus melepaskan bracket logam belakang yang benar pada casing Anda. Serta mengamankan kartu dengan sekrup, dan menghubungkannya ke PSU, meskipun PSU Anda terpasang.

Dalam langkah demi langkah cara rakit PC  di atas, Anda harus membaca buku panduan agar lebih mudah mengeksekusinya. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment