Sunday, 31 October 2021

Cerita Mistis dan Pesan Moral DiBalik Tari Kecak Bali

Tari Kecak merupakan tarian yang diciptkan pada tahun 1930-an oleh Wayan Limak dan Walter Spies. Tarian ini mampu membuat para mata dari penjuru dunia memperhatian setiap detail gerakannya.

Tari kecak Bali ini ditarikan oleh 50-150 penari pada setiap pertunjukannya. Tari Kecak Bali merupakan tari tradisional Bali yang memiliki julukan Tarian Massal “Tarian Api Atau Tarian Monyet.

Dilihat dari gerakannya yang begitu serius, dan mata para penari yang terlihat seram. Langsung menyiratkan bahwa tarian kecak ini memiliki cerita mistis diBalik setiap gerakkan yang ditarikan.

Tari kecak Bali ini mampu membuat jantung seirama dengan musik kecak. Sehingga menambah kesan mistis tersendiri.

Berikut dibawah ini adalah penjelasan tentang cerita mistis dan pesan moral diBalik tari kecak Bali. Silahkan disimak.

Ritual Sebelum Melakukan Penampilan

Cerita Mistis dan Pesan Moral DiBalik Tari Kecak Bali

Cerita mistis pertama berasal dari keharusan para penarinya yang harus melakukan persiapan spiritual layaknya ritual. Karena tarian kecak Bali ini merupakan jenis tarian sakral “Sang Hyang”. 

Ritual tersebut adalah dengan membuat para penarinya kerasukan roh halus sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan para leluhur atau dewa yang mereka yakini. Masyarakat hindu percaya ritual ini dapat mengusir roh-roh jahat.

Pengunaan Corak Kain Hitam Putih Bercirak Kota-Kotak

Cerita Mistis dan Pesan Moral DiBalik Tari Kecak Bali

Selain melakukan ritual sebelum pementasan. Para penari diwajibkan mengenakan kain berwarna hitam-putih dengan corak kotak-kotak. Tentunya hal ini membuat cerita mistis bertebaran di kalangan penonton. 

Namun ternyata ikan ini memiliki filosofi yaitu merefleksikan kehidupan, berupa menggambarkan sesuatu yang baik berwarna putih dan sesuatu yang buruk berwarna hitam dalam kehidupan Hindu.

Aura Mistis dari Teriakan “Cak Cak Ke Cak Cak Ke”

Cerita Mistis dan Pesan Moral DiBalik Tari Kecak Bali

Berbeda dengan tarian tradisional lainnya yang diiringi musik berupa benda seperti gamelan, gong, suling, dan lainnya. Tari Kecak Bali memiliki musik dari suara-suara mulut para penari yang mengucapkan “cak cak kecak cak ke” beberapa kali sambil menarikan gerakan sesuai ritme.

Hal ini tentunya semakin memabanun arura mistis bagi para penonton. Dan menerka-nerka sendiri tentang cerita mistis diBalik arti teriakan para penari tersebut.

Berasal dari Cerita Ramayana

Cerita Mistis dan Pesan Moral DiBalik Tari Kecak Bali

Cerita mistis yang terkadnung dari puluhan penari yang melingkar sambil berteriak cak cak cak cak adalah mengambarkan barisan kera-kera yang membantu rama mengalahakan rahwana yang jahat. 

Mengandung Nilai Seni Tinggi di Setiap Gerakannya

Cerita Mistis dan Pesan Moral DiBalik Tari Kecak Bali

Selain cerita mistisnya yang menyita banyak perhatian para penikmat tari Kecak Bali. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap gerakkan dari tari Kecak Bali sangat bernilai seni tinggi. 

Irama yang serasi dari teriakan para penarinya dan setiap gerakannya membuat tari Kecak Bali terlihat indah dan sangat kompak. 

Menggambarkan Kepercayaan Kepada Tuhan

Cerita Mistis dan Pesan Moral DiBalik Tari Kecak Bali

Pada Tari Kecak Bali ada satu rangkaian gerakan yang memngambarkan adegan permintaan pertolongan Rama kepada Dewata. Dari adegan tersebut menggambarkan sangat jelas bahwa Rama sangat mempercayai kekuatan Tuhan untuk menolong dirinya dari marabahaya.

Bagi masyarakat Hindu tari Kecak Bali merupakan tarian serupa ritual sakral yang dapat memanggil dewi untuk mengusuir segala macam penyakit, dan melindungi seluruh warga dari kekuatan jahat.

Dewi yang dipanggil dalam ritual tari Kecak Bali adalah dewi Suprabha atau Tilotama

Mengandung Banyak Pesan Moral


Tari Kecak Bali juga menyiratkan banyak cerita mendalam dan menyampaikan banyak pesan moral kepada siapapun yang menontonya. Pesan moral yang didapatkan salah satunya adalah penggambaran kesetiaan Sinta kepada Rama sebagai kekasihnya.

Selain itu menggambarkan pengorbanan Burung Garuda yang rela kehilangan sayapnya demi menyelamatkan sinta dari Rahwana. Tari Kecak Bali memberikan pesan kepada siapapun untuk menjauhi sikap buruk seperti Rahwana yaitu serakah dan sering sekali mengambil hak orang lain dengang paksaan.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cerita mistis dan pesan moral Tari Kecak Bali, tari tradisional Bali yang hingga saat ini masih sangat populer dan dilestarikan para masyarakatnya.


No comments:

Post a Comment