Thursday, 18 August 2022

Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sulawesi dan Maluku

Baju adat simple untuk laki – laki Sulawesi dan Maluku digunakan untuk melestarikan budaya. Baju adat dari Sulawesi ini cukup beragam dan memiliki makna dan arti yang berbeda.

Sumber: Cerdika


Setiap baju adat juga mempunyai motif tersendiri sehingga Anda akan dapat mengenali asal muasal baju adat ini dengan baik. Berikut Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sulawesi dan Maluku antara lain :


  1. Baju sepa talung


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sulawesi yang pertama adalah baju sepa talung. Baju adat ini hanya dikhususkan untuk laki – laki dan memiliki ciri khas berbentuk panjang hingga mencapai lutut.


Baju adat ini berasal dari suku toraja yang terletak di Sulawesi Selatan. Baju ini juga mengenakan aksesoris khusus yang berupa kanadure, lipa, gayang dan lainnya. Jika terdapat ajang tertentu seperti hari ulang tahun Sumatera Selatan.


Oleh karena itu, baju adat ini akan dilengkapi dengan aksesoris tambahan berupa sayap serta tanduk. Hal ini difungsikan sebagai bentuk kebesaran bangsa Indonesia.


  1. Pattuqduq sowanie


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sulawesi yang selanjutnya adalah pattuqduq sowanie. Ada beberapa ciri khas yang bisa Anda lihat dari baju adat ini terutama untuk pria dibuat dengan lebih simpel dan praktis.


Pada pria, baju adat ini banyak menggunakan jas warna hitam dengan bawahannya berupa celana panjang. Kedua atribut ini sama – sama memiliki warna selaras yakni hitam. Baju adat ini juga dihiasi dengan penutup kepala yang juga menggunakan warna hitam.


Filosofi dari baju pattuqduq sowanie pria yang sederhana ini yakni bahwa seorang pria harus gesit dan cekatan.

 

  1. Baju tutu


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sulawesi yang ketiga yakni baju tutu. Baju ini memiliki bentuk yang cukup simpel dan elegan. Baju tutu merupakan atasan yang dipakai oleh para pria di suku bugis.


Bentuk baju tutu seperti jas dan bisa dipadukan dengan celana paroci. Kebanyakan pria dari suku bugis ini melengkapi baju tutu dengan sarung lipa garusuk. Sarung ini cukup menarik karena berwarna merah dan hijau yang dipadukan dengan penutup kepala berupa songkok. 


  1. Baju bella dada


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sulawesi yang keempat adalah baju bella dada. Baju ini juga banyak digunakan oleh para pria dari Makassar. Baju bella dada juga memiliki ciri khas tersendiri yakni memiliki lengan panjang dengan leher berkerah.


Baju ini juga dilengkapi dengan saku yang letaknya tepat di bagian kiri dan kanan. Para pria juga banyak menambahkan aksesoris tambahan seperti aksesori gelang dan sebagainya.


  1. Baju cele pria


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Maluku yang pertama yakni Baju cele pria. Baju ini memiliki ciri khas yakni berupa kemeja putih dengan kerah yang melingkar, jas berwarna merah serta dilengkapi dengan sabuk kain salele berwarna merah.


  1. Kebaya dansa


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Maluku yang selanjutnya adalah kebaya dansa. Baju adat ini teruntuk pria memiliki ciri khas yakni menggunakan setelan jas dengan motif bunga kecil. 


  1. Baniang putih


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Maluku yakni Baniang putih. Baju adat ini hanya dikhususkan untuk pria. Baju ini menggunakan kancing hitam serta merupakan baju adat yang wajib dimiliki warga Maluku. 


Baju Adat Simple Untuk Laki – Laki Sulawesi dan Maluku cukup beragam. Menggunakan baju adat merupakan bagian dari cinta budaya tanah air. 



No comments:

Post a Comment