Friday, 19 August 2022

Penasaran Dengan Cerita Mitos Indonesia yang Terkenal? Baca Disini!

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan banyak sekali ragam budaya yang harus dilestarikan. Beragam budaya ini juga biasanya berdiri dengan beberapa mitos yang dipercayai masyarakat setempat Indonesia. Nah, berikut ini beberapa cerita mitos Indonesia yang terkenal yang boleh anda percayai dan juga tidak!

1. Kupu-kupu datang ke rumah 

cerita mitos indonesia

Cerita mitos pertama yang cukup terkenal di Indonesia dan hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu adalah mengenai datangnya kupu-kupu dalam rumah. Ketika ada kupu-kupu yang masuk kedalam rumah dan berkeliling artinya akan ada tamu dari jauh yang akan datang. 

Tamu yang dimaksud bisa saja datang secara tiba-tiba atau telah memberitahu terlebih dahulu. Dengan adanya cerita ini, masyaraat selalu membersihkan keadaan rumah sebab percaya akan adanya tamu yang akan datang ke rumah dengan menyajikan masakan enak. 

Namun, ini hanya mitos yang belum tentu benar akan terjadi. Bisa saja kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah secara kebetulan karena sifatnya yang berterbangan kesana kemari. Karena berdasarkan logika, tamu yang akan datang berkunjung ke rumah kita biasanya akan memberitahu terlebih dahulu sebab tidak mungkin datang secara tiba-tiba mengejutkan pemilik rumah yang terlihat kurang sopan. 

2. Duduk diatas bantal 

cerita mitos indonesia yang terkenal


Mitos terkenal dari Indonesia lainnya adalah larangan untuk duduk di atas bantal. Kalau tetap duudk diatas bantal padahal sudah dberitahu maka nanti bisa terkena bisulan. 

Namun, hak ini diyakini hanya sebatas mitos semata dan menjadi cerita dari satu orang ke orang lainnya. Cerita ini berkaitan dengan orang Indonesia yang tidak terbiasa menggunakan bantal sebagai bantal untuk duduk sehingga melihat ada orang yang duduk di atas bantal dianggap sebagai hal yang aneh. 

3. Bermain waktu maghrib bisa diculik hantu 

cerita mitos indonesia

Mitos dari Indonesia lainnya yang tak kalah terkenal adalah bermain di waktu maghrib yang bisa diculik hantu. Anak-anak dilarang bermain saat waktu maghrib tiba karena harus sudah berada di rumah ketika maghrib tiba kalau tidak nanti akan diculik oleh hantu. 

Mitos ini diduga bukan untuk sekedar menakut-nakuti saja melainkan peringatan agar anak-anak yang sudah lama bermain di luar segera pulang ke rumahnya. Apalagi jika waktunya menjelang malam. Lucunya mitos ini berhasil membuat anak-anak pulang dengan cepat sampai di rumah sebelum waktunya maghrib loh. 

4. Makan di tempat tidur 


Mitos larangan makan di kasur karena orang yang suka makan di kasur nantinya akan mendapatkan jodoh orang yang suka bermalas-malasan. 

Mitos ini berhubungan dengan larangan secara halus karena makan itu sudah sewajarnya dilakukan di meja makan atau tempat yang layak bukan di tempat tidur yang merupakan tempat untuk tidur dan beristirahat. 

Ketika makan di kasur ditakutkan akan bertumpahan segala bahan makanan yang akan membuat kasur dan kain kasur menjadi kotor dan mengundang banyak serangga yang mengganggu waktu istirahat nantinya. 

5. Membuang air panas mendidih di saluran pembuangan air



Mitos lainnya mengatakan bahwa orang yang membuang air panas mendidih di saluran pembuangan air panas secara langsung akan mendapatkan nasib sial atau sama saja dengan membangunkan para jin yang tinggal di saluran air tersebut. 

Untuk itu, para orang tua biasanya melarang anak-anaknya untuk membuang air panas yang mendidih secara langsung di saluran pembuangan air dan lebih baik dicampur terlebih dahulu dengan air dingin baru bisa dibuang. 

Mitos yang satu ini memang belum terbukti kebenarannya untuk itu, anda boleh percaya atau tidak. 

 Baca Juga: Kendang, Contoh Alat Musik Tradisional


No comments:

Post a Comment