Tuesday, 27 December 2022

5 Manfaat Ubi Jalar dan Cara Pembuatan Ubi Jalar Goreng Crispy


Terdapat banyak makanan yang dibuat dengan ubi jalar sebagai bahan dasarnya, baik untuk camilan maupun untuk makanan besar. Anda bisa menyantap ubi jalar tanpa perlu takut akan dampak yang tidak baik bagi tubuh seperti kebanyakan camilan lainnya. 

Sebab ubi jalar memiliki manfaat yang baik bagi tubuh Anda, jadi Anda bisa jadikan ubi jalar sebagai camilan sehat. Berikut ini terdapat manfaat ubi jalar hingga cara pembuatan ubi jalar goreng dengan mudah, antara lain:

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Ubi jalar memiliki kandungan beta karoten yang menjadi zat untuk menurunkan risiko terkena degenarasi makula. Penyakit tersebut menjadi penyebab umum kehilangan penglihatan yang terjadi pada beberapa orang.

  1. Membantu Sistem Pencernaan

Jika Anda merasa sistem pencernaan sedang tidak beres, Anda bisa konsumsi ubi jalar yang memiliki antioksidan dan serat tinggi. Keduanya bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan membantu Anda dalam mencegah terjadinya sembelit.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat ubi jalar lainnya yaitu bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan asupan kalium dalam tubuh Anda. 

Kalium yang ada dalam ubi jalar bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan pada jantung Anda, dan membantu Anda dalam mengatur denyut jantung hingga kontraksi otot.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Terdapat banyak kandungan yang terdapat dalam ubi jalar yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti kandungan antioksidan beta karoten yang dipercaya bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, kanker payudara, kanker buli-buli, hingga kanker usus besar.

Ubi jalar yang biasa kita temukan di pasar terdiri dari berbagai jenis, tetapi diketahui ubi ungu memiliki jumlah antioksidan yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis ubi jalar lainnya.

  1. Membantu Kendalikan Gula Darah

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ubi jalar bisa membantu Anda dalam mengendalikan kadar gula darah agar tidak berlebihan, serta ubi jalar juga memiliki kadar indeks glikemik yang rendah.

Ubi jalar bisa menurunkan kadar glukosa darah serta kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, ubi jalar bisa meningkatkan sensitivitas dalam tubuh Anda terhadap insulin.

Cara Membuat Ubi Jalar Goreng Crispy


Bahan-Bahan: 

  • 200 gram ubi jalar

  • 6 sendok makan tepung terigu

  • 3 sendok makan tepung jagung

  • 1/4 sendok teh soda bikarbonat

  • 1/2 sendok teh vanili

  • 1 sendok teh garam

  • 1 sendok teh gula

  • 100 – 150 ml air

  • Minyak goreng

Cara Membuat Ubi:

  1. Sediakan seluruh bahan, lalu kupas ubi dan cuci hingga bersih, kemudian iris hingga tipis

  2. Campurkan seluruh bahan kering, lalu tambahkan air secara perlahan, pastikan adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental

  3. Lalu masukkan ubi ke dalam tepung

  4. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng ubi yang sudah Anda celupkan ke tepung sebelumnya

  5. Bolak balik ubi hingga terlihat berubah warna hingga cokelat kekuningan, lalu angkat dan tiriskan

  6. Ubi jalar goreng siap Anda santap

Itulah ulasan mengenai manfaat hingga cara membuat ubi jalar goreng yang bisa Anda buat di rumah dengan resep yang sederhana dan gampang, jadi cocok untuk disantap di rumah. Apakah Anda tertarik untuk membuat ubi jalar sebagai camilan di sore hari?

No comments:

Post a Comment